Apa itu tv parabola ?

Tv Parabola atau biasa disebut Tv Satelit adalah Penyiaran siaran televisi melalui satelit ke pemirsa dengan perangkat yang dapat menerima sinyal satelit, Perangkat tersebut adalah receiver digital atau dekoder DVBS (Digital Video Broadcasting Satellit) yang terhubung ke penerima satelit / parabola.

Pada dasarnya TV parabola dapat dibagi menjadi 2, yaitu TV parabola berbayar (Pay Tv) dan TV parabola gratis / Free To Air. (Baca Juga: Pemasangan dan service parabola tv di Bali)

  • TV parabola Berbayar / Pay Tv

Tv parabola berbayar/ Tv berlangganan adalah jasa penyiaran saluran televisi yang dilakukan khusus untuk pemirsa yang bersedia membayar (berlangganan) secara berkala. Jasa ini biasanya disediakan dengan menggunakan sistem digital melalui media satelit. Saat ini sistem penyiaran dengan digital adalah yang paling lazim digunakan.

  • Tv parabola Free To Air (FTA)

Tv parabola gratis/ free to air adalah Siaran channel gratis yang berasal dari stasiun televisi yang salurannya dapat ditonton tanpa harus berlangganan seperti siaran tv berbayar. Sinyal siaran channel tv gratis dapat ditangkap menggunakan antena parabola dan receiver digital.

Apa Perbedaan Tv Parabola Dengan Tv Kabel?

  • Alat Yang DIbutuhkan Di Pelanggan

Tv parabola membutuhkan receiver digital dan antena parabola untuk menangkap siaran tv digital dari satelit, sedangkanTv kabel hanya membutuhkan kabel coaxcial, atau sebagian provider menambahkan STB (Set top Box) digital untuk menampilkan siaran tv analog dan digital.

  • Cara Kerja

Tv parabola pada umumnya menempatkan satelit penerima siaran tv (parabola + receiver digital) di tempat pelanggan untuk menerima siaran channel tv, sedangkan provider tv kabel membuat headend tv/ studio tv kemudian menyalurkan siaran channel tv menggunakan jaringan kabel coaxcial atau fiber optik ke pelanggan.

  • Jangkauan Area

Pada masalah jangkauan area, Tv parabola unggul karena menggunakan satelit antena sehingga dapat menjangkau area penerimaan siaran tv yang lebih luas karena menggunakan satelit untuk memancarkan sinyal. TV kabel biasanya hanya tersedia di daerah tertentu atau dalam jangkauan jaringan yang berdekatan dengan kantor/ studio tv kabel tersebut

  • Kualitas Sinyal

Masing-masing mempunyai resiko terhadap ganguan sinyal penerimaan siaran tv, biasanya problem tv parabola adalah antenna yang tertutup pepohonan atau berubah arah karena angin kencang. Sedangkan problem tv kabel terjadi saat kabel jaringan terputus karena tertimpa ranting pohon atau human eror terkena dampak project pembangunan jalan, Dll . (Baca juga…)

  • Jumlah Channel

Dari segi jumlah channel, tv parabola bisa lebih banyak dari tv kabel namun juga sesuai dengan paket atau kelompok channel yang ditawarkan masing masing provider tv parabola,

Sedangkan tv kabel biasanya fix dengan jumlah channel tertentu tanpa pilihan paket channel .

  • Harga 

Dari segi harga biasanya tv parabola berlangganan sedikit lebih mahal apabila dibandingkan berlangganan dengan tv kabel.

Namun tv parabola memungkinkan Anda untuk mendapatkan channel tv gratis menggunakan tv parabola tertentu jika Anda hanya membutuhkan channel tv yang gratis saja, hal ini yang tidak didapat dari pilihan tv kabel.

Demikian penjelasan singkat mengenai tv parabola, jika anda mebutuhkan informasi untuk jasa pasang dan service parabola di bali, silahkan menghubungi kontak Cv Dewata parabola, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *